Speedy di Linux

speedol

D ikut-ikutan bikin tulisan soal speedy di linux aahhh…., bukan cuman mo ndompleng loch.. disini saya cuman kepengen ngasih tau aja kalo setup speedy (telkomspeedy.com) di linux khususnya di mandriva dan turunane semisal PCLinuxOS segampang dan semudah (sama artine ?) kita pake koneksi biasane.

Nah buat ngingetin soal tulisan lainnya yang berhubungan dengan speedy dilinux, rekan Arif Y di blognya juga nulis hal serupa, ini link nya

tulisan mas arif tsb dijadikan acuan oleh penulis yang lainnya, misalnya Speedy di TSL (Trustix Secure Linux) cari sendiri yah … (ada di kaskus), trus Speedy di FreeBSD dan lain2 nya.

Sebenere itu semua intinya sama, tulisan mengenail adsl dengan menggunakan linux udah banyak beredar dan juga udah include di howto nya linux itu sendiri, salah satune

Ok gak usah basa basi, langsug tancap aja, keterangan lebih lanjut bisa didiskusikan di sesi komentar D

Step by step nya

Masuk / login menggunakan root ke mesin gateway mandriva kita

su –

masukkan password

kemudian jalankan perintah (shortcutnya) drakconnect atau dengan menggunakan perintah mcc / drakconf, kemudian pilih Network & Internet

untuk jenis koneksi pilih ADSL Connection, berhubung kita mau koneksi dengan speedy adsl nya telkom, trus klik Next

kemudian pilih ethernet mana yang terhubung ke modem adsl

Please choose your ADSL provider, pilih My provider is not listed kemudian

Please choose the connection type, pilih menggunakan PPPoE untuk kebanyakan jenis koneksi ADSL di indonesia (terutama telkom)

Connection configuration, bisa dikosongi, soale otomatis ngambil DNS dari ISP, kalo mo maksa ngisi juga gpp😀, jangan lupa username ama password speedy nya

selanjutnya kita cuman disuruh ngejawab Yes / No aja,

Selesai…

O iya.. jangan lupa modeme di set mode BRIDGE ya….

  1. Connection configuration: You may leave blank the two DNS server addresses (they will be picked up automatically when the connection will be attempted. Your ISP should have given you your username and password.
  2. Answer the remaining simple Yes/No questions.

That’s it.

Gambar

step 1

Pake mandriva 2008, pake mandriva 2007/2007.1 ato pclinuxos 2007 ato variane sama aja.
step2

Ini login saya pake username box, passwordnya rahasia D

step3

Masuk ato pake user root

step4

Tampilan menu Mandriva Control Center teks/ncurses, drakconf. Gunakan tombol tab dan cursor untuk pengoperasian, dan eksekusi dengan tombol enter

step5

Pilih menu Network & Internet, setelah itu pilih Ok
step6

Nah pilihan koneksinya udah jelas, kalo kita mo pake telkomspeedy, pilih DSL, lainnya ? terserah anda deh. habis pilih jangan lupa klik Next untuk melanjutkan

step7

Ethernet yang terdeteksi oleh sistem saya, akan berbeda, sesuaikan saja, trus klik Next

Step8

Masuk menu pilihan provider, pilih edit manually aja, trus next

Step9

Pilih protokol yang akan di gunakan konek

step11

Saya pilih PPPoE untuk koneksi telkomspeedy, lainnya sesuaikan aja ya…

Isi username telkomspeedy dan passwordnya, isi diatas hanya contoh, sesuaikan dengan yang ada dari telkom, kemudian Next

Seting advanced untuk mengeset VPI dan VCI

Pilih opsi koneksi akan otomatis jika komputer di booting/restart

Jika ingin setelah mengkonfigurasi langsung ingin konek, pilih Yes aja

Selesai

Pada Mandriva 2008 menggunakan rp-pppoe

Mandriva 2007/2007.1/PCLinuxOS 2007 menggunakan pppoe aja

Gak ada bedane kok, udah di test, sukses semua, jika gak kepengen cara diatas, hintnya ketik adsl-setup jika menggunakan rp-pppoe atau pppoe-setup jika menggunakan pppoe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: